Misteri Pantai Parangtritis

19ce9ab8e9a589762d9445676f1b6e99_parangtritis-beach

Siapa yang tak kenal dengan Pantai Parangtritis, Jogjakarta? Pantai tersebut adalah salah satu pantai paling terkenal di Indonesia terutama karena cerita-cerita mistis yang ada di dalamnya. Sejarah dari pantai tersebut tergolong cukup menarik. Konon pada jaman dahulu ada seseorang yang merupakan pelarian dari kerajaan Majahapit yang bernama Dipokusomo melakukan semedi di kawasan Pantai Parangtritis tersebut.

Saat sedang bersemedi ia melihat air yang menetes dari celah-celah batu di pantai tersebut sehingga pantai tersebut diberi nama Parangtritis. Nama tersebut diambil dari dua kata yaitu parang yang mempunyai arti batu karang dan tumaritis yang berarti air yang menetes.Masyarakat sekitar sangat meyakini bahwa Pantai Parangtritis tersebut merupakan kawasan yang masih menjadi kekuasaan Pantai Ratu Selatan atau yang lebih dikenal dengan nama Nyai Roro Kidul.

6bd86039f57ff68bfcf31d79cb4b28b9_nyi-roro-kidul-2

Nyai Roro Kidul sendiri diceritakan oleh masyarakat sekitar menyukai warna hijau. Para pengunjung Pantai tersebut disarankan untuk tidak memakai pakaian warna hijau terutama bagi kaum laki-laki.

Banyak cerita yang mengatakan bahwa sering ada pengunjung laki-laki yang hilang ketika berenang dengan menggunakan pakaian warna hijau. Hal tersebut dikarenakan Nyai Roro Kidul menyukai orang dan warna tersebut lalu menculiknya untuk dijadikan pendampingnya di dalam laut sana.

Jangan heran jika saat anda berkunjung kesana suasanya sedikit membuat bulu kuduk berdiri dikarenakan ada beberapa sesajen atau taburan bunga-bunga bekas ritual. Dan jika anda menemukan sesajen tersebut, anda dihimbau agar tidak menyentuhnya apalagi memainkannya. Mungkin penjelasan lebih lengkapnya bisa anda dapatkan ketika anda menyewa tour guide.

Bagaimana? Pantai Parangtritis cukup mistis bukan?

*wisatamisteri

Share

3 Comments to “Misteri Pantai Parangtritis”

  1. kaos oblong juga termasuk dalam pakaian yang harus dihindari saat bekerja.

  2. lucu-lucu sekali.. jepang memang kreatif

  3. Tempat belinya di mana

Leave a comment